Cara Membuat Pupuk Bokashi

Pupuk bokashi adalah pupuk kompos yang dibuat melalui proses fermentasi menggunakan mikroorganisme tambahan. Pupuk bokashi sama halnya pupuk organik lainnya yang dibuat dari bahan-bahan organik seperti sisia tanaman, sampah organik, kotoran ternak, dan lain sebagainya. Bahan-bahan tersebut kemudian difermentasi dalam kondisi anaerob memanfaatkan dekomposer berupa mikroorganisme pengurai.
Cara Membuat Pupuk Bokashi
Pupuk Bokashi (Sumber: alamtani.com)

Pupuk bokashi pertama kali dipopulerkan oleh orang Jepang sebagai pupuk organik yang dapat dibuat dengan cepat dalam waktu 1-14 hari, tergantung jenis dan ukuran bahan. Kata bokashi sendiri sebetulnya berasal dari bahasa Jepang yang berarti “perubahan secara bertahap”.

Cara Membuat Pupuk Bokashi
Pupuk bokashi dapat dibuat dengan sangat mudah baik dalam skala kecil rumah tangga, maupun skala industri pertanian. Tahapan dalam proses pembuatan pupuk bokashi adalah sebagai berikut:

Alat

Alat yang dibutuhkan dalam pembuatan bokashi antara lain cangkul, terpal, ember, tong plastik ukuran 200 liter yang dibuat lubang kecil di bagian bawahnya.

Bahan

Bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan bokashi antara lain berbagai bahan-bahan organik seperti sisa sayur dan buah-buahan, tulang ayam, tulang ikan, sisa makanan, 5 kg dedak atau serbuk gergaji, 4,5 kg sekam, 12 ml EM-4, dan 2 sdm gula pasir.

Metode
Setelah alat dan bahan disiapkan, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah
  1. Merajang semua bahan-bahan organik menjadi potongan-potongan kecil.
  2. Potongan tersebut kemudian diaduk atau dicampurkan dengan dedak, arang sekam, dan serbuk gergaji hingga merata.
  3. Setelah itu masukan ke dalam tong plastik.
  4. Encerkan larutan EM-4 10 mL dalam 1 Liter air dan tambahkan 2 sendok gula pasir.
  5. Aduk hingga merata dan siramkan ke campuran bahan dalam tong.
  6. Tutup tong hingga rapat dan biarkan selama 5-7 hari. apabila tekstur dan warna bahan sudah seperti tanah, berarti pupuk bokashi sudah siap digunakan ke tanaman.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat pupuk bokashi dengan mudah. Pupuk bokashi juga mengeluarkan zat sisa berupa cairan yang dapat digunakan sebagai pupuk organik cair. Cairan akan keluar dari lubang yang dibuat di bagian bawah tong. Cairan tersebut keluar selama proses fermentasi dan harus ditampung menggunakan botol atau sejenisnya.
BAGIKAN ARTIKEL INI:

0 Response to "Cara Membuat Pupuk Bokashi"

Post a Comment