Pupuk NPK Mutiara

Pupuk NPK Mutiara adalah salah satu jenis pupuk majemuk yang mengandung sedikitnya 5 unsur hara makro dan mikro yang sangat dibutuhkan tanaman. Pupuk ini berbentuk butiran granul berwarna biru pudar yang biasanya dikemas dalam kemasan plastik. Pupuk NPK Mutiara dibuat menggunakan proses Odda melalui pelarutan batuan fosfat menggunakan asam nitrat.
Pupuk NPK Mutiara

Pupuk NPK Mutiara hingga saat ini masih diimpor dari Norwegia oleh karenanya harganya masih tergolong cukup mahal, yakni Rp. 25.000,- per 900 gram-nya. Kendati sangat mahal, pupuk ini tetap laris dipasaran karena khasiatnya yang cukup baik bagi pertumbuhan tanaman dengan reaksi yang cukup cepat.

Pupuk NPK Mutiara mengandung 16% N (Nitrogen), 16% P2O5 (Phospate), 16% K2O (Kalium), 0.5% MgO (Magnesium), dan 6% CaO (Kalsium). Karena kandungan tersebut pupuk ini juga dikenal dengan istilah pupuk NPK 16-16-16. Pupuk ini memiliki banyak keunggulan dibanding pupuk NPK lainnya seperti pupuk NPK Phonska dan pupuk NPK Pelangi. Keunggulan tersebut diantaranya adalah:
  1. Mengandung unsur hara NPK sekaligus hara mikro CaO dan MgO yang sangat dibutuhkan tanaman.
  2. Dibuat menggunakan proses Odda sehingga bersifat mobile dan cepat bereaksi pada tanaman.
  3. Menjaga keseimbangan unsur hara makro dan mikro pada tanah.
  4. Pengapliaksiannya yang cukup mudah sehingga biaya pemupukan relatif lebih kecil.

Penggunaan pupuk ini tidak terbatas hanya untuk tanaman tertentu. Baik tanaman pangan, hortikultura, ataupun perkebunan, semuanya dapat menerima khasiat dan manfaat dari pupuk NPK mutiara ini. Pada tanaman keras seperti tanaman perkebunan, pupuk ini dapat diaplikasikan dengan menaburkannya sebanyak satu sendok teh pada tanah di sekitar perakaran tanaman. Sedangkan untuk tanaman hortikultura penggunaannya dapat dengan diencerkan terlebih dahulu, baru kemudian dikocorkan ke tanaman.

Beberapa petani hortikultura di Lampung Selatan menggunakan pupuk ini saat pemupukan awal untuk memacu pertumbuhan tanaman budidaya. Dengan menggunakan pupuk NPK Mutiara tersebut, dipercaya dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit pada tanaman seperti layu fusarium pada cabe. Hal ini mungkin terkait kandungan Kalium yang tinggi sehingga daya tahan tanaman terhadap penyakit menjadi tinggi.
BAGIKAN ARTIKEL INI:

27 Responses to "Pupuk NPK Mutiara"

  1. Replies
    1. Biasanya, kalau pupuk NPK Mutiara mudah diperoleh ditoko pertanian sekitar bli. Jadi coba aja ke toko pertanian di sekitar tempat tinggal Bli. Salam.

      Delete
  2. Npk mutiara ini kan banyak jenisnya klo untuk Cengkeh baru tanam kira2 cocok pake yg mana,dan biasanya harganya berapa per Sak,makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang Pupuk NPK Mutiara banyak jenisnya. dan jenisnya itu mempengaruhi harganya Bli. Di Lampung kisaran Rp. 10.000 sd Rp. 15.000 per kg nya. Lumayan mahal memang, tapi sebanding dengan hasil yang bisa kita peroleh. Cengkehnya umur berapa? Sudah mulai berbunga atau belum? Trims

      Delete
    2. Kalau baru tanam sih banyakin pupuk Posfor aja bli, biar akarnya tumbuh baik. Nanti biar dia cari sendiri unsur hara di tanah. Kalau mau pakai NPK Mutiara pakai aja yang 15:15:15

      Delete
  3. Pak,,saya dari Manado mau tanya kal pupuk untuk tanaman pala yang cocok NPK apa yaa??

    ReplyDelete
  4. Kalau untuk pertumbuhan bunga anggrek pupuknya apa ya? Perlu pupuk atau tidak? Dan apakah fungisida score berpengaruh dalam pertumbuhan bunganya? Thanks

    ReplyDelete
  5. Supaya tanaman anggur cepat berbuah, pakai pupuk apa yang cocok Pa Teguh ?

    ReplyDelete
  6. Supaya tanaman anggur cepat berbuah, pakai pupuk apa yang cocok Pa Teguh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terkait dengan kegiatan generatif, pupuk Posfor adalah bagian terpenting yang tidak bisa dilepaskan. Pupuk posfor berguna untuk merangsang pembungaan, merangsang pembuahan, memacu produksi buah, dan mempercepat kemasakan buah. Untuk jenis-jenis pupuk posfor Mas Suriadi bisa kunjungi link ini: http://detiktani.blogspot.com/2013/06/pupuk-posfor.html . Tks

      Delete
  7. Pak, tanaman jeruk yang baru tanam 3 minggu pupuk apa

    ReplyDelete
  8. ini mau tanya.....kalau tanaman cengkeh yang baru berbunga yang cocok jenis NPK apa Ya?

    ReplyDelete
  9. Kl saya mau ikut memasarkan gimana ya pak caranya

    ReplyDelete
  10. min mau nanya,kalau aplikasi ke tanaman hortikultura itu boleh kena daun tidak?

    ReplyDelete
  11. Di daerah aceh rata2 stok ditoko pertanian kosong dimna kita bsa cari alternatif untuk pupuk npk mutiara ya?

    ReplyDelete
  12. NPK mutiara jenis apa yang bagus untuk jati solomon ?

    ReplyDelete
  13. Pak kalau untuk cabe pemekaian NPK Mutiara setelah usia berapa.....?
    dan NPK Mutiaranya yang jenis 15:15:15, atau 16:16:16.....?

    ReplyDelete
  14. Pak tolong takarannya kalau nanam cabe dengan....
    a. polyback biasa
    b. Hydroponik sistem sumbu
    tolong jawabannya Pak,
    Saya anak Pesantren

    ReplyDelete
  15. Cabe saya uda berbunga tpi blm gunakan npk mutiara pak,dan sya bru mau coba apa bisa bikin buah lebat nantinya?

    ReplyDelete
  16. saya mau tanya mas,gini saya sedang menanam markisa usia 5 bulan tapi bunganya itu rontok terus .nah pertanyaan sy apakah baik jika di beri NPK biru itu dan apakah jg aman krn takut nanti malah memperparah keadaan dan jg apakah NPK dapat di gunakan pada tanaman hias? T'kasih sebelumnya .

    ReplyDelete
  17. kalo utk tanaman cabe rawit umur 2bln-3bln dosis pupuk npk nya brp ya pak? akan saya kocorkan menggunakan alat kocor saya jerigen 30 ltr, maaf pak saya baru bljr brtani, mohon balasannya, trima kasih.

    ReplyDelete
  18. SAYA PETANI LADA / MERICA BARU TANAM DAUN 7 RUAS...MHN BLS....
    NPK APA DAN BERAPA BANYAK SERTA BERAPA KALI PAKAI DALAM SETAHUN PERTAMA.. TRIMS

    ReplyDelete
  19. Berbahaya gak.kalau di pakai di tanaman halaman rumah

    ReplyDelete
  20. SENYAWA KIMIA PUPUK NPK MUTIARA APA..?

    ReplyDelete
  21. Klo untuk kelapa sawit gmn pak n berapa takaran ny???

    ReplyDelete