Pupuk NPK Pelangi

Pupuk NPK Pelangi adalah salah satu jenis pupuk anorganik yang mengandung beberapa unsur hara yang dibutuhkan tanaman seperti N, P, dan K (pupuk majemuk) dengan kadar tinggi. Pupuk ini dibuat dengan cara pencampuran fisik (bulk blending) 3 bahan baku berkualitas yang antara lain urea granul, diamonium phospat granul (DAP), dan KCl flake. Pupuk NPK pelangi berbentuk butiran (granul) berwarna warni. Pupuk NPK Pelangi yang saat ini hanya diproduksi oleh PT. Pupuk Kaltim ini, diecer dengan harga Rp. 2.300 per kg (sudah disubsidi pemerintah).
Pupuk NPK Pelangi
Gambar Kemasan Pupuk NPK Pelangi

Pupuk NPK Pelangi memiliki banyak keunggulan dibandingkan beberapa pupuk NPK lainnya seperti NPK Phonska dan NPK Mutiara. Keunggulan tersebut salah satunya adalah adanya kandungan beberapa unsur hara mikro yang terdapat dalam pupuk NPK Pelangi seperti Boron, Sulfur, dan Magnesium. Pupuk NPK pelangi dapat ditemukan dalam 3 jenis yaitu NPK Pelangi Unggul, NPK Pelangi Maxi, NPK Pelangi Super.

1. Pupuk NPK Pelangi Unggul
Pupuk NPK Pelangi Unggul diformulasikan khusus untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi hasil pertanian tanaman-tanaman perkebunan. Formula pupuk ini bersifat fleksibel sehingga dapat dibuat sesuai kebutuhan tanaman akan hara tertentu dan kondisi tanah. Dibanding menggunakan pupuk tunggal, penggunaan pupuk NPK pelangi lebih efektif dan efisien dengan penghematan biaya pemupukan hingga 30%.

2. Pupuk NPK Pelangi Maxi
Berdasarkan kandungan haranya, Pupuk NPK Pelangi Maxi terbagi menjadi 3. Ketiga jenis pupuk NPK Pelangi Maxi tersebut adalah Maxi (13-6-27-4-0,6), Maxi (12-12-17-2), dan Maxi (15-15-6-4). Angka-angka yang terdapat dalam masing-masing jenis pupuk Maxi tersebut menunjukan perbandingan hara yang terkandung di dalamnya dengan urutan (hara N - hara P - hara K - hara mikro lainnya seperti S, Mg, dan B). Pupuk ini diformulasikan khusus untuk tanaman keras seperti tanaman perkebunan untuk meningkatkan hasil produksi tanaman. Kelapa sawit, karet, kopi, kakao, tebu, lada, dan tanaman perkebunan lainnya menunjukan efek positif berupa peningkatan produksi antara 5-30% setelah diaplikasikan pupuk NPK Pelangi Maxi.

3. Pupuk NPK Pelangi Super
Pupuk NPK Pelangi Super mengandung beberapa hara makro seperti N, P, dan K dengan perbandingan masing-masing 20-10-10. Pupuk NPK Pelangi Super diformulasikan untuk beberapa tanaman pangan dan hortikultura seperti padi, jagung, kedelai, ubi, brokoli, wortel, dan lain sebagainya.

Demikianlah pemaparan mengenai pupuk NPK pelangi. Untuk mengetahui dosis dan cara aplikasi pupuk ini, Anda dapat melihat brosur pupuk NPK pelangi pada link berikut: http://nuansahikmah.wordpress.com
BAGIKAN ARTIKEL INI:

0 Response to "Pupuk NPK Pelangi"

Post a Comment