Pupuk ZK

Pupuk ZK adalah salah satu pupuk anorganik mengandung hara kalium yang cukup populer digunakan petani di era 80-an. Nama ZK sendiri sebetulnya merupakan singkatan dari zwavelzure kali yang berarti belerang kalium. Nama tersebut adalah untuk menggambarkan bahan baku yang digunakan dalam pembuatan pupuk ZK ini yaitu kalium sulfat (K2SO4) yang berwujud cair dan asam belerang (H2S) yang berbentuk padat. Pembuatan pupuk ZK menggunakan teknologi canggih dengan memampatkan kedua bahan tersebut dalam tabung dengan tekanan tinggi dan suhu tertentu sehingga terbentuklah pupuk ZK yang berwujud bubuk atau butiran kecil berwarna putih. Berikut ini adalah gambar pupuk ZK :
Pupuk ZK
Wujud dari Pupuk ZK

Kandungan Pupuk ZK
Pupuk ZK merupakan pupuk kalium pertama yang ada di dunia sebelum pupuk KCl dan berbagai jenis pupuk kalium lainnya. Pupuk ini dapat ditemukan dalam 2 jenis. Yang pertama adalah pupuk ZK 96 yang mengandung hara K2O sebesar 45%, kemudian yang kedua adalah pupuk ZK 90 yang mengandung hara K2O sebesar 52%.

ZK yang dibuat dari bahan asam belerang pastilah mengandung asam pula. Kandungan asam inilah yang menyebabkan tanah menjadi masam (pH-nya menurun) apabila penggunaan pupuk ZK dilakukan secara berlebihan. Seperti halnya pupuk ZA, pupuk ZK pun bersifat tidak higroskopis dan tidak mobile di dalam tanah oleh karena itu pemberian pupuk ini ke tanaman perlu meniru seperti cara pemupukan ZA.

Manfaat dan Fungsi Pupuk ZK

Dari kandungan pupuk ZK di atas, kita dapat mengetahui apa saja manfaat dan fungsi pupuk ZK ini. fungsi pupuk ZK antara lain adalah untuk mencukupi kebutuhan hara kalium tanaman dan untuk menurunkan pH tanah. Sedangkan pada tanaman, kita akan melihat beberapa manfaat pupuk ZK seperti untuk menguatkan batang tanaman, meningkatkan ketahanan tanaman, serta meningkatkan produksi hasil tanaman melalui asupan kalium yang cukup. Pupuk ZK saat ini sudah jarang ditemukan dipasaran karena fungsinya yang sudah digantikan oleh pupuk KCl. Meski begitu, pemerintah mematok harga pupuk ZK ini sebesar Rp. 4000,- per kg-nya.
BAGIKAN ARTIKEL INI: