Pupuk Dolomit dan Pupuk Kieserit

Pupuk dolomit dan pupuk kieserit adalah pupuk magnesium yang mengandung hara MgO yang sangat diperlukan tanaman. Kedua pupuk ini akrab disapa pupuk kaptan alias kapur pertanian. Kedua pupuk ini sejatinya digunakan untuk menurunkan derajat kemasaman tanah dan untuk menyediakan beberapa unsur hara mikro pada tanah.
Pupuk Dolomit
Gambar Kemasan Pupuk Dolomit

Pupuk kieserit adalah pupuk magnesium yang dibuat dari bahan yang disebut magnesit (MgCO3) dan brucit (Mg(OH)2). Rumus kimia dari pupuk ini adalah MgSO4.H2O.  Pupuk yang memiliki nama lain magnesium sulfat omo berwujud hablur (bubuk) berwarna putih agak keabu-abuan. Pupuk kieserit bersifat sulit larut di dalam air. Kandungan pupuk kieserit terdiri dari 29% MgO, 23% Sulfur, 48% zat pembawa (carrier). Kandungan Sulfur di dalam pupuk kieserit sebetulnya menyebabkan pupuk ini kurang begitu efektif jika digunakan untuk tujuan pengapuran tanah.

Pupuk dolomit adalah pupuk magnesium yang dibuat dengan cara menggiling batuan dolomit (kalsit) hasil penambangan. Rumus kimia pupuk dolomit adalah CaCO3.MgCO3. Selain memiliki kandungan MgO hingga hingga 21%, pupuk dolomit juga memiliki kandungan CaO hingga 40%. Kandungan senyawa alkali yang cukup tinggi ini membuat pupuk dolomit sangat cocok digunakan untuk tujuan menaikan pH tanah. Kelarutannya di dalam air yang cukup baik, serta ketersediaannya yang banyak menyebabkan pupuk dolomit lebih diminati oleh petani dibandingkan pupuk kieserit.

Manfaat dan Fungsi
Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa pupuk dolomit dan kieserit berfungsi untuk meningkatkan pH tanah pertanian yang semakin asam karena asupan berbagai jenis pupuk anorganik yang bereaksi asam seperti ZA, ZK, dan TSP. Dengan melakukan pengapuran menggunakan pupuk magnesium ini, hara posfor yang terikat oleh ion aluminium dan besi dapat terlepas sehingga bisa dimanfaatkan oleh tanaman budidaya. Pupuk ini dijual dengan harga yang cukup murah, perkilogramnya pupuk kieserit dan dolomit dijual seharga Rp. 2.000,-.

Demikianlah pemaparan mengenai pupuk dolomit dan kieserit. Semoga artikel ini dapat membantu Anda sehingga Anda bersedia memberi like pada tulisan ini.
BAGIKAN ARTIKEL INI: